Terima Kasih Kepada : RIFA HENDRA LESMANA,100000.00,29/01/2016 |           RISDIANA WARDA NINGRUM,25000.00,29/01/2016 |           TITIN PUJIANTI,33000.00,29/01/2016 |           ZELLY RINALDI,15000.00,29/01/2016 |           DENNY ROMPAS,50000.00,29/01/2016 |           RESMA ANDAYANI,50000.00,29/01/2016 |           KUKUH IMANTORO,45000.00,29/01/2016 |           RYAN ARYA PUTERA SETIAWAN,35000.00,29/01/2016 |           
BNI dan Pundi Amal SCTV Bermitra Bantu Sekolah Berprestasi Perbaiki Fasilitas Belajar


PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau (BNI) membantu sekolah-sekolah yang telah menghasilkan murid-murid berprestasi untuk memperbaiki sarana belajarnya yang mengalami kerusakan melalui Program Titian BNI. Terdapat 9 sekolah di sembilan kota di Indonesia yang mendapatkan bantuan BNI untuk dibangun atau direhabilitasi dalam kurun waktu empat bulan terakhir ini. Pelaksanaan pembangunan kesembilan sekolah tersebut bekerjasama dengan Pundi Amal SCTV, sebuah bidang sosial di dalam naungan Surya Citra Televisi.

Peresmian sekolah-sekolah yang telah dibangun dan direhabilitasi tersebut dilaksanakan secara simbolis dari Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (4 November 2015) oleh Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto. Hadir menyaksikan peresmian tersebut Gubernur Maluku Ir Said Assagaff.

Lokasi peresmian adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Wathan di Sirimau, Ambon, salah satu sekolah yang mendapatkan bantuan BNI. SMK Al – Wathan Ambon mencatat prestasi ditingkat provinsi dan nasional. Baru-baru ini tercacat mewakili Maluku pada lomba Latihan Keterampilan Siswa (LKS) Graphic Design Tecnology.  Sekolah ini juga terus membenahi fasilitas-fasilitas pada jurusan nautika, Kapal Penangkap Ikan (NKPI), dan Persiapan Grafika (Desain Grafis).

Menurut Suprajarto, pembangunan dan rehabilitasi sekolah tersebut merupakan bagian dari upaya BNI dalam Meningkatkan Kepedulian dan Tanggung Jawab Kepada Lingkungan dan Komunitas, salah satu dari lima Misi BNI. Penajaman Misi BNI dengan membangun dan merehabilitasi ke-9 sekolah tersebut merupakan bagian dari program yang dilaksanakan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 BNI yang jatuh pada 5 Juli lalu.

“Kami berupaya memaksimalkan Program CSR BNI pada dua kelompok infrastruktur terpenting bagi masyarakat, yaitu Pembangunan atau Rehabilitasi Jembatan serta Pembangunan atau Renovasi Sekolah. Sesuai dengan Angka Usianya, pada kesempatan ini, BNI membantu membangun atau merehabilitasi 6 jembatan dan 9 sekolah. Dengan cara itu, kami berharap, Misi BNI dalam merayakan HUT ke-69 ini tercapai, yaitu “Berprestasi dan Berbagi Untuk Negeri”,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur CSR, Surya Citra Media, Imam Sudjarwo menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan BNI 46 menjalin kemitraan dengan Pundi Amal SCTV dalam membangun kesembilan sekolah ini. “Semoga kepercayaan dan kemitraan ini dapat terus berlanjut dalam kegiatan-kegiatan sosial di masa depan,” katanya. Surya Citra Media adalah induk perusahaan PT Surya Citra Televisi dimana Pundi Amal SCTV bernaung.

Sekolah yang dibangun dari awal adalah Sekolah Dasar Negeri di Pulau Adora, Flores, Nusa Tenggara Timur. Adapun 8 sekolah yang direnovasi adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kalibogor- Kendal, Jawa Tengah; SDN 24 Sungai Kakap di Kubu Raya, Pontianak – Kalimantan Barat; Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Akhlaq di Palembang – Sumatera Selatan; MTs Darul Muhlisin di Kendari – Sulawesi Tenggara;  Madrasah Diniah Raudatul Huda di Kediri – Jawa Timur; Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Wathan di Sirimau, Ambon; SD di Simalungun, Sumatera Utara; dan SDN Mangga Dua di Merauke, Papua.  

“Pelaksanaan pembangunan atau renovasi atas 9 sekolah tersebut telah selesai dan diresmikan untuk diserahkan secara serentak kepada pihak sekolah, agar segera dapat dipergunakan untuk proses belajar mengajar,” ujar Suprajarto.

Dukungan BNI terhadap perbaikan dunia pendidikan dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari membuat layak dan nyaman fasilitas sekolah, membuka Foodpark di kampus dengan konsep green, menyiapkan beasiswa bagi anak-anak berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi, mengoperasionalkan perpustakaan keliling, merenovasi Auditorium, mendukung workshop kerajinan, hingga bantuan rompi untuk guru.

Sejak awal tahun 2015, BNI telah menyalurkan bantuan pendidikan sebagai bagian dari Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) sebesar lebih dari Rp 15 miliar. Beberapa program bantuan yang menonjol antara lain adalah mewujudkan Program BNI My First Movie; mendukung Program Indonesia Mengajar di Kapuas Hulu, Sangihe, Maluku Tenggara Barat, Rote Ndao, Bima, hingga di Bengkalis; serta renovasi Auditorium Widya Sabha Universitas Udaya. Program lainnya antara lain adalah mendukung Workshop Kerajinan Batik, merealisasikan beasiswa, hingga mendukung Program Peningkatan Kesadaran untuk Membangun Kembali Komunitas Penenun Toraja Fase III di Sulawesi Selatan.

Di luar program PKBL, BNI mengupayakan dukungan terhadap dunia pendidikan secara maksimal antara lain dengan membuka cabang-cabang di dalam kampus sehingga  memudahkan proses pembayaran biaya sekolah dan perguruan tinggi. BNI pun mencoba menggali bakat-bakat terpendam dalam rangka membantu pemerintah menyiapkan bibit-bibit pemimpin masa depan yang unggul melalui program Debat Mahasiswa Aspirasi Untuk Negeri yang berhasil menarik sekitar 1.300 mahasiswa untuk berkompetisi.

Sementara itu, dalam bidang pendidikan Pundi Amal SCTV secara reguler menjalankan program pelatihan bagi pemuda putus sekolah ataupun anak jalanan. Selama tiga bulan mereka memperoleh pelatihan mekanik yang akan menjadi bekal masa depan mereka. Pada kurun waktu 2010 – 2012 Pundi Amal SCTV juga telah memberikan pelatihan pendidikan berbasis karakter dan budi pekerti untuk sekitar 700 guru Pendidikan Anak Usia Dini di seluruh Indonesia. Bidang Pendidikan merupakan salah satu pilar kegiatan Pundi Amal SCTV selain Bidang Penanganan Bencana, Bidang Kesehatan dan Pengembangan Lingkungan.                        

share