Terima Kasih Kepada : RIFA HENDRA LESMANA,100000.00,29/01/2016 |           RISDIANA WARDA NINGRUM,25000.00,29/01/2016 |           TITIN PUJIANTI,33000.00,29/01/2016 |           ZELLY RINALDI,15000.00,29/01/2016 |           DENNY ROMPAS,50000.00,29/01/2016 |           RESMA ANDAYANI,50000.00,29/01/2016 |           KUKUH IMANTORO,45000.00,29/01/2016 |           RYAN ARYA PUTERA SETIAWAN,35000.00,29/01/2016 |           
Jejak Reram Aktifitas Pundi Amal 2015


     Sepanjang tahun 2015, Pundi Amal SCTV terus melanjutikan beragam kegiatannya yang mengacu kepada 4 Pilar Pundi Amal SCTV: Kesehatan, Tanggap Bencana, Pendidikan dan Pengembangan Lingkungan. Selain menjalankan kegiatan regulernya, selama tahun 2015 itu Pundi Amal SCTV juga berpartisipasi dalam tiga kegiatan berskala nasional yaitu Kementerian Sosial, Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Surya Bhaskara Jaya, Sail Tomini dan Surya Bhaskara Jaya, Sail Tomini dengan TNI AL.
Dalam ketiga kegiatan itu, Pundi Amal SCTV menyampaikan bantuan pemirsa kepada masyarakat sebagai perwujudan keempat pilar tersebut. Pundi Amal SCTV yang didirikan bulan September 2000 sebagai respon manajemen SCTV terhadap antusiasme pemirsa untuk membantu sesamanya yang mengalami penderitaan baik karena bencana alam ataupun persoalan-persoalan sosial.

Selama tahun 2015, Pundi Amal SCTV menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang melingkupi empat pilar kegiatan: Tanggap Bencana, Kesehatan, Pendidikan dan Pengembangan Lingkungan. Dari keempat kegiatan tersebut, nampak dalam Grafis 1, bidang kegiatan Kesehatan masih menempati persentase terbesar dari keseluruhan bidang kegiatan Pundi Amal SCTV. Secara total jumlah kegiatan pada tahun 2015 sebanyak 46 kegiatan (Tabel 1). Dari jumlah tersebut, sebanyak 62% adalah kegiatan di bidang Kesehatan (Grafis 1)

Dari sudut pandang wilayah kegiatan, tahun 2015, kegiatan Pundi Amal SCTV sebesar 14% diselenggarakan di wilayah Jawa Timur (Grafis 2). Di wilayah ini, dalam waktu yang berbeda-beda Pundi Amal SCTV menyelenggarakan berbagai kegiatan antara lain pemberian bantuan ambulans dan sepeda untuk pesantren, donor darah dan pengobatan umum/gigi, dan juga pemberian bantuan 1000 masker untuk warga Probolinggo yang terdampak debu Gunung Bromo yang meletus di jelang akhir tahun 2015.

Bidang Penanganan Bencana

Pada tahun 2015, Pundi Amal SCTV melalui Pilar Penanganan Bencana ikut berperan meringankan beban masyarakat dalam peristiwa bencana banjir yang menimpa masyarakat di Desa Sikun dan Desa Oan Mane Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur. Kepada sekitar 600 warga masyarakat, Pundi Amal memberikan bantuan sembako dan makanan siap saji.

Melalui Pilar Penanganan Bencana ini juga Pundi Amal SCTV membantu masyarakat mengatasi bencana asap dan dampak abu vulkanik letusan gunung Bromo melalui pembagian masker. Melalui para koresponden di Palembang, Jambi, Pontianak dan Musirawas Pundi Amal SCTV membagikan total sebanyak 7000 masker kepada warga masyarakat dan sebanyak 1500 masker melalui BPBD Sumatera Selatan. Sedangkan untuk warga Probolinggo yang terdampak debu vulkanik Gunung Bromo, Pundi Amal SCTV memberikan 1000 masker kepada warga masyarakat. Pundi Amal SCTV juga ikut serta meringankan beban penderitaan warga Matraman yang mengalami kebakaran dengan memberikan bantuan makanan siap saji.

 

Bidang Pendidikan

Sebagai Pilar Kedua Pundi Amal SCTV, padatahun 2015 ini Pundi Amal SCTV masih melanjutkan program pemberian pelatihan ketrampilan mekanik kepada 20 orang anak-anak putus sekolah. Mereka menjalani pelatihan selama 3 bulan di Astra Internasional. Kepada tiga peserta terbaik, Pundi Amal memberikan bantuan pendanaan stimulan yang dapat digunakan untuk merintis usaha kecil membuka bengkel.

Sementara itu, dalam pembangunan fasilitas pendidikan di tahun 2015 ini, Pundi Amal SCTV mendapatkan kepercayaan dari BNI dan produser smartphone OPPO untuk merehabilitasi masing-masing 9 sekolah BNI dan 1 Sekolah OPPO. Untuk program kerjasama dengan BNI, Pundi Amal SCTV membangun di 9 wilayah: Simalungun, Sumatera Utara; Musirawas, Jambi, Sumatera Selatan; Kendal, Jawa Tengah; Kediri, Jawa Timur; Pontianak, Kalimantan Barat; Kendari, Sulawesi Tenggara; Flores, NTT; Merauke, Papua; Ambon, Maluku. Sedangkan sekolah yang dibangun bekerjasama dengan Produsen Smartphone OPPO, terletak di Pandeglang, Banten.

 

Kesehatan Pundi Amal SCTV

Bidang ini merupakan Pilar Pundi Amal SCTV yang terbanyak melakukan kegiatan dalam tahun 2015. Cakupan wilayah yang dijangkau oleh kegiatan kesehatan Pundi Amal SCTV juga cukup luas terbentang dari Bekasi, Luwu, Sulawesi Utara; Pulau Banggai di wilayah peraiaran Teluk Tomini hingga perbatasan Indonesia – Timor Leste. Pada beberapa kegiatan, Pundi Amal SCTV bergandengan tangan dengan Peduli Kasih Indosiar seperti saat bersama-sama menyelenggarakan kegiatan baksos di Kabupaten Timor Tengah yang berjarak tidak jauh dari perbatasan dengan Timor Leste. Dalam kegiatan di tiga desa ini yaitu Desa Alala, Desa Builahu dan Desa Susulaku, sebanyak 2890 orang pasien mendapatkan pelayanan kesehatan umum.

Bukan hanya bekerjasama dengan Peduli Kasih Indosiar, Pundi Amal SCTV juga menjalin kerjasama dengan TNI Angkatan Laut dalam kegiatan Sail Bhaskara Jaya, Sail Tomini. Tahun 2015 merupakan tahun kelima Pundi Amal SCTV mengikuti kegiatan SBJ ini. Sama seperti dalam kegiatan SBJ pada tahun-tahun sebelumnya, TNI AL menyelenggarakan pengobatan umum dan sejumlah operasi minor yang menargetkan masyarakat yang tidak mampu secara finansial dan juga tidak dapat menjangkau fasilitas kesehatan di pulau-pulau terdepan di perairan Teluk Tomini.

Dalam kegiatan ini Pundi Amal SCTV mendukung secara penuh pengobatan yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan TNI AL. Selama sekitar satu bulan pada Bulan September 2015 dalam kegiatan ini, Pundi Amal SCTV dan TNI AL bergerak memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Pulau Muna, Pulau Wawonii, Pulau Banggai dan Pulau Togean. Selama berlangsungnya kegiatan SBJ itu, sebanyak 4400 pasien mendapatkan pengobatan umum, 1371 pasien mendapatkan pelayanan pengobatan dan perawatan gigi dan 500 orang mendapatkan pelayanan operasi bedah minor.

Kegiatan pelayanan kesehatan juga diselenggarakan Pundi Amal SCTV bersama Kementerian Sosial dalam rangka Hari Kesetiakawanan Nasional menjelang akhir tahun 2015. Kegiatan HKSN ini dipusatkan di wilayah Nusa Tenggara Timur ini telah melayani total sebanyak 3725 pasien untuk pengobatan umum dan 56 pasien operasi hernia.