Setiap minggu, sepanjang bulan Desember 2010, PUNDI AMAL SCTV bersama warga Kali Code Yogyakarta melakukan kerja bakti sebagai bentuk kegiatan lanjutan Pundi Amal SCTV setelah tahap tanggap darurat usai Merapi meletus.

Bekerjasama dengan PT XL Axiata Tbk, kegiatan ini merupakan respon atas terjadinya erupsi Merapi yang melontarkan jutaan material vulkanik ke sejumlah sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Mengawali rangkaian kerja bakti tersebut, pada tanggal 12 Desember 2010, dilakukan serah terima peralatan dari Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono disaksikan oleh Dirut SCTV, Fofo Sariaatmadja dan Dirut PT XL Axiata Tbk, Hasnul Suhaimi.

Direktur SCTV, Fofo Sariaatmadja mendukung keterlibatan Pundi Amal SCTV dalam kegiatan ini. “Kita konsern dalam kegiatan ini bukan hanya karena ini bagian dari tanggap darurat atas bencana Merapi yang sudah terjadi, melainkan juga karena dalam kegiatan ini ada nilai kemasyarakatan yang mendasar yaitu gotong royong,” paparnya.

Pendangkalan sungai akibat bertimbunnya material vulkanik dapat beresiko terjadinya banjir yang mengancam kehidupan warga Kali Code. “Kita harapkan upaya kegiatan kerja bakti pengerukan material vulkanik dari Kali Code dan memanfaatkannya untuk membuat tanggul, paving blok selain mengamankan dari banjir juga dapat meningkatkan aspek ekonomi masyarakat sekitarnya.”

Pada saat erupsi Merapi terjadi, tambah Fofo, Tim Pundi Amal SCTV telah melakukan aksi kemanusiaan dalam bidang kesehatan dan distribusi bantuan. Kegiatan kerja bakti pembuatan tanggul dan pengerukan Kali Code yang bekerjasama dengan PT XL Axiata Tbk merupakan tindak lanjut dari aksi kemanusiaan semasa tanggap darurat itu. “Kita memilih Kali Code sebagai simbol bangkitnya kembali kota Yogya dan warganya agar dapat menggugah warga di luar Yogya datang berkunjung kembali,” katanya.

Dalam kegiatan kerja bakti pembangunan tanggul dan pengerukan Kali Code, Pundi Amal SCTV dan PT XL Axiata Tbk memberikan sejumlah perlengkapan kerja seperti: serokan pasir 900 buah , pacul 100 buah, sekop 50 buah, karung 72000 buah, alat penyedot pasir 3 buah, alat penyedot air 3 buah, catakan batako 20 buah dan cetakan paving 40 buah. Acara pencanangan kerja bakti warga itu dimeriahkan juga oleh Dua Artis Sinetron SCTV yaitu Marsha Timothy dan Ben Joshua. (har/pas)

Gubernur DI Yogyarakata, Sri Sultan Hamengku Buwono; Dirjen Postel, Muhammad Budi Setiawan; Dirut SCTV, Fofo Sariaatmadja dan Dirut PT XL Axiata Tbk, Hasnul Suhaimi menyaksikan pembuatan paving block oleh warga Kali Code Yogyakarta, hasil donasi PT XL AXiata Tbk melalui Pundi Amal SCTV.