Dampak erupsi Gunung Merapi mengubah kondisi lahan yang semula hijau dengan beragam jenis tanaman, menjadi meranggas dan meninggalkan hamparan tanah dan bukit gundul. Sebagai tindak lanjut dari sejumlah penyaluran bantuan yang sudah dilakukan Pundi Amal SCTV dan PT XL Axiata Tbk, belum lama ini, kedua pihak melakukan penghijauan kembali lereng Gunung Merapi.

Sebanyak 25 ribu bibit tanaman yang terdiri dari 12 jenis pohon yaitu: Tanaman Buah : Jeruk, Lengkeng, Nangka, Jambu Biji; Tanaman Reboisasi dan Perindang : Beringin, Gayam, Asam Jawa dan Tanaman Kayu Produktif : Sengon, Trembesi, Akasia, Cengkeh, Pete. Seluruh bibit ini diserahkan kepada warga di dua kecamatan: sebanyak 510 KK di Kecamatan Cangkringan, Sleman dan 288 di Kecamatan Kemalang, Klaten. Mereka akan menanam bibit itu di sekitar tempat tinggal, sehingga dapat menikmati hasilnya.

 
Komisaris PT. Xl Axiata Tbk. Giri Suseno Hardiharjono



Kegiatan yang dihadiri oleh Komisaris PT XL Axiata Tbk, Giri Suseno Hardiharjono dan Komisaris SCTV, Letjen Suyono ini juga membangun 6 kolam penampungan air berukuran 2x3m dengan kedalaman 1,5m. Kolam ini berguna untuk mengairi bibit-bibit pohon yang ditanam itu, mengingat sejak erupsi Merapi, infrastruktur air di kawasan Merapi rusak.

Sedangkan untuk menjaga kesinambungan penghijauan ini, warga masyarakat membentuk tim satgas penghijauan. Kepada mereka, Pundi Amal SCTV dan PT XL Axiata Tbk, menyumbangkan 5 unit pesawat Handy Talky ( HT ) kepada Satgas Penghijauan Lereng Merapi di dua Kecamatan. Mereka bukan hanya akan memantau kondisi bibit pohon tersebut, melainkan juga perkembangan Gunung Merapi secara umum.

Dalam acara serah terima simbolis bibit tanaman, juga dilaksanakan pelepasan ratusan ekor burung predator ulat dan serangga yang di lepas Komisaris Utama SCTV, Letjen Suyono; Komisaris Utama PT XL Axiata Tbk, Giri Suseno; Artis Syahrini dan Joe Richard, Ketua Pundi Amal SCTV, M. Risanggono; Wakil Bupati Klaten, Ibu Sri Hartini; dan sejumlah pejabat teras setempat.

GALERI FOTO
VIDEO